Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet

Memiliki internet yang lomot sudah hal biasa bagi pengguna internet di Indonesia, koneksi yang cepat hanya bisa dinikmati bagi orang-orang yang memiliki duit banyak buat bayar koneksi yang dia inginkan. Namun disini admin mau share sedikit tips setidaknya akan membantu mengoptimalkan jaringan internet yang kita miliki apa adanya. Ada kabar angin beberapa riset menemukan bahwa negara tercinta kita ini termasuk salah satu negara dengan kecepatan internet terlambat di dunia. Jadi tidak perlu heran kalau internet di rumah sobat layaknya seperti siput. Jika ingin internet cepat maka budget yang harus dikeluarkan juga harus besar.

Cara Mempercepat Koneksi Internet

1. Hilangkan Batas Maksimum Bandwidth

Microsoft Windows mengatur bandwidth saat pengguna sedang menggunakan internet, akibatnya saat pengguna berselancar di internet, pengguna belum bisa merasakan koneksi internet yang maksimum sebab seperenam "dirampok" oleh windows dengan tujuan tertentu misalnya buat pembaruan program

Namun demikian ada sebuah trik untuk mengakali tindakan tersebut yang akan disoroti dalam serangkaian langkah berikut:

Langkah pertama buka RUN dengan cara menekan tombol windows+R lalu ketikkan gpedit.msc seperti pada gambar dibawah ini

gpedit.msc

Langkah selanjutnya sobat menuju ke Computer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packet Scheduler > Limit Reservable Bandwidth (Double Klik)

Centang Opsi "Enabled" pada bagian options, sobat akan melihat bandwidth limit yang bernilai 20. ubah nilai tersebut menjadi 0.

Limit Reservable Bandwidth

Sekarang sobat tinggal Apply dan OK untuk menyimpan konfigurasi tersebut. Restart komputer untuk merasakan efek dari konfigurasi tersebut.

2. Gunakan DNS Milik OpenDNS

Cara mempercepat koneksi internet yang kedua adalah mengganti DNS. Dalam peranannya DNS secara otomatis disediakan oleh setiap penyedia layanan internet. Makin banyak pelanggan yang menggunakan suatu DNS, maka koneksi internet bakal semakin lambat diakses. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dengan mengubah alamat DNS lama menjadi milik OpenDNS, betikut langkah-langkahnya

Pada taskbar, klik kana pada icon Network Pilih Open Network and Sharing Center

open network and sharing center

Setelah itu akan muncul jendela baru, maka klik interface Ethernet yang sedang digunakan (yang tersambung ke Internet) lalu pilih Properties dan pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), lihat gambar di bawah ini

ipv4

Pada tab general, centang "Use the following DNS server address" lalu isikan dengan DNS berikut:
Prefered DNS Server : 208.67.222.222
Alternate DNS Server: 208.67.220.220


Setelah itu klik tombol OK, dan restart PC sobat buat merasakan efek nya.

Mungkin hanya itu saja tips yang bisa admin berikan dalam postingan Cara Mempercepat  Koneksi Internet ini, ini berdasarkan pengalaman admin ketika menggunakan jaringan dari Indihome, sebuah jaringan internet yang di usung oleh Telkom Indonesia. Ini merupakan ISP yang cocok buat sobat semua untuk di coba di rumah, selain dari segi biaya ISP ini cukup murah dan jaringan stabil. Wajar saja kalo ada gangguan 6 bulan sekali mungkin lagi ada perbaikan khusus. Maka sangat di sarankan untuk memakai ISP ini, admin sudah memakai jasa ISP ini hampir setahun kurang dan baru sekali mengalami gangguan (alias DC selama 12 jam). Daripada memakai jaringan provider sim card sobat akan terhambat dengan waktu kalo sobat menggunakan jaringan ISP ini full 24 jam bisa online.

Hanya itu saja yang dapat admin sampaikan pada postingan ini, semoga bermanfaat dan membantu para sobat blogger serta menambah wawasan. Good Luck!!

0 Response to "Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel