Cara Backup dan Restore Dota 2 di Steam Tanpa Harus Mendownload Ulang

Ketemu lagi nih sob dengan saya pada kesempatan kali ini yang  akan di posting yaitu tips buat sobat agar sobat tidak repot lagi dengan masalah download game yang size file nya gede banget dan cukup memakan waktu buat download nya. Berawal dari teman juga bebrapa hari yang lalu, dia mengalami sebuah masalah pada laptopnya dan minta tolong ke saya lalu coba saya perbaiki, nah pada saat itu saya asumsikan masalah itu rumit buat di atasi dan akhirnya saya putuskan untuk install ulang karena windows nya belum diaktivasi. Lalu dia berfikir gimana dengan game Dota 2 nya?? dia khawatir harus download lagi game itu dari awal. Pada saat itu saya kasih tau agar dia jangan khawatir, soalnya saya akan memanfaatkan fitur backup dan restore di Steam.

Buat para pencinta game pasti menginginkan game ini terinstall di komputer atau ingin mengcopy nya ke PC atau Laptop teman yang meminta. Jika sobat ingin mendownloadnya via Steam, pasti akan membutuhkan proses yang cukup lama, apalagi jika koneksi internetnya yang sobat miliki tidak memungkinkan untuk mendownloadnya dalam waktu singkat. Kendala yang lain juga jika sobat ingin mengcopy-paste game Dota ini, hal tersebut tidaklah muah sepreti copy-paste file biasa, karena harus ada tatacara supaya game ini bisa dikenali oleh steam client. Kadangkala untuk bermain offline pun sobat harus login terlebih dahulu via Steam. Jangan khawatir ada beberapa tips buat permasalahan tersebut. Berikut bebrapa tips buat sobat yang ingin membackup dan mengcopy-paste ke PC lain.

Cara Backup dan Restore Game di Steam


Cara ini pasti terdengar sangat asing sekali jika sobat ingin mengcopy-paste sebuah game di Steam, karena admin kurang tau istilah apa yang cocok buat sebutan dalam hal ini, yang pasti langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Kasus yang terjadi di sini, PC yang membuat backup game adalah PC sang admin disini yang selalu update terus game Dota nya, dan nanti akan di Paste atau di Restore game hasil backup tersebut ke laptop teman admin yang sudah di install ulang.

Langkah pertama, login pada Steam Client, Setelah login maka akan tampil seperti berikut ini

Steam Library

Selanjutnya klik menu steam yang ada di pojok kiri atas, lalu pilih Backup and Restore Games,lihat gambar di bawah ini

Backup and restore games

Setelah sobat klik Backup and Restore Games maka akan muncul jendela Backup and Restore Program, lalu sobat pilih Backup currently installed programs. Lihat gambar dibawah ini


Backup currently installed programs


Sobat tinggal Next, maka akan muncul lagi jendela baru seperti gambar di bawah ini

Dota 2

Jangan lupa sobat ceklist Dota 2 nya lalu Next, maka akan muncul jendea Backup Destination. Disini sobat tentukan file backupnya akan di simpan di folder mana menyimpannya. Pada kasus ini admin tidak mengubah untuk Backup Destinationnya, dan langsung di Next.

Backup Destination

Setelah di Next, sobat akan menemukan jendela baru seperti di bawah ini, lalu isikan Backup File Name dengan Dota 2, dan file size nya sobat ubah ke custom dan isikan menjadi 11000MB, kenapa 11000MB? usahakan Approximate number of compressed file which will be writen menjadi 1 agar nantinya file atau folder backup dalam satu folder tidak menjadi dua atau tiga folder. Intinya jadikan 1 folder berapapun itu file size nya. Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.
 

Setelah di Next sobat tinggal tungu saja sekitar 10 menit sampai proses finish, agar tidak terasa lama sobat bisa bikin secangkir air kopi dulu hehe.

Setelah proses backup selesai, kini saatnya sobat tinggal restore game Dota tersebut ke PC lain, dalam kasus ini admin langsung restore game Dota yang sudah di backup tadi ke Laptop milik teman yang mengalami masalah diatas. Langkahnya sangat mudah sobat tinggal cari file backup tadi di direktori C:\Program Files (x86)\Steam\Backups seperti gambar di bawah ini

Direktori File Backup

Selanjutnya pada laptop teman admin ini sudah di install Steam Client, sobat tinggal buka Steam Client dan login terlebih dahulu, lalu masuk ke menu Steam dan klik Backup and Restore Programs lalu pilih Restore a previous backup

Restore a previous backup

Sobat tinggal Next, lalu akan muncul jendela baru, disini sobat tinggal browse file backup yang sudah di copy tadi ke flashdisk aupun hardisk eksternal. Dalam kasus ini admin browse file backup di direktori C:\Program Files (x86)\Steam\Backups\Dota 2\. Dan pastikan file backup ketemu dengan tanda Program Backup Founds: Dota 2 lihat gambar di bawah ini

Restore program from folder

Langkah terakhir sobat tinggal Next, dan tunggu hingga proses selesai.

Kelar deh permasalahan yang dihadapi di postingan ini, pada postingan ini admin rasa cukup sampai disini semoga postingan ini membantu bagi sobat yang mengalami permasalahan yang sama dan semoga bermanfaat.
Tips ini berlaku untuk semua game free steam. Untuk game berbayar admin masih belum coba, jika sobat punya game yang berbayar silahkan share tips nya disini, admin tunggu yaa.. Trmakasih.

1 Response to "Cara Backup dan Restore Dota 2 di Steam Tanpa Harus Mendownload Ulang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel